huruf kenangan

 

Usianya belum mencapai empat tahun, setiap hari ia selalu meminta pensil dan buku tulis kebanggaannya. Ma…ade nta pecil….itulah kata -katanya setiap ingin menulis, dan juga saat melihatku bekerja dirumah. Rasa sen

 

ang dan bangga melihatnya berkembang

dengan baik menjadi putri yang mungil dan lucu,

meski tembok rumahku

tak utuh lagi, cat yang semula berwarna

warni kini penuh dengan guratan penanya.

Ada yang berbentuk lingkaran tapi tak utuh,

ada yang bergelombang tapi tak sama…itulah hal yang biasa ia lakukan saat menemaniku bekerja di rumah. Usianya pun bertambah dan yang harus ia lakukan adalah ia masuk sekolah Taman Kanak-Kanak. Dengan riang ia berkata ” Ma…ade mau diantar mama, dan sekolah bersama mama” yah itulah kata-katanya setiap mau berangkat sekolah. Namun aku tak bisa menemaninya karena akupun harus menunaikan tugasku mengajar anak -anak yang lain.

Hari pertamanya tidak mau masuk kelas……dengan alasan aku tak mau dengan bu guru, aku mau sama mama. Hari kedua…iapun mendekati bu Jum sang pengasuh yang dulu pernah mengasuhnya hingga usia 4 tahun. Setiap hari iapun bersama dengan bu Jum yang kini menjadi office girl di TK anaku. Dengan sabar bu guru dan bu jum membimbingnya, utnuk memasuki ruang kelasnya. Namun iapun tetap dengan gigih berkata aku mau sama mama. Suatu ketika jawabannya berubah..aku mau sama bu jum.

Sesampai dirumah aku selalu bertanya “apakah hari ini anak mama masuk kelas? dengan lantang dan mata bulatnya berbinar ia pun menjawab “Ma ade masuk kelas bersama bu Jum”. Aku terharu..betapa sabarnya bu Jum membimbing anakku. Sebulanpun berlalu dengan kegiatannya membantu bu Jum mencuci piring di belakang kamar mandi. Menginjak du bulan ia di TK A iapun mau maasuk kelas dengan bu Jum dan gurunya. Subhanalloh….penuh perjuangan membujuknya. Namun ia banyak belajar mandiri. Tanpa aku disekolahnya ia mampu melalui hari-harinya. Meski tertinggal dnegan teman-temannya iapun maju dengan malu -malu untuk mendekati bu gurunya. Dengan sabar sang guru membimbingnya. Kini yang ia ceritakan sesampai dirumah adalah lagu -lagu yang diberikan gurunya dan ia nyanyikan. “Ma ade punya lagu baru, katanya setiap bertemu aku sepulang sekolah. Lagu yang digubah oleh sang guru dalam bahasa Inggris itupun selalu dinyayikannya dengan riang dan mata bulatnya.

Tibalah waktunya ia berkenalan dengan huruf -huruf yang entah ia tahu atau tidak kegunaannya. Hanya yang kulihat setiap pulang ia selalu membawa huruf kesukaannya yaitu huruf  B. Awalnya aku bertanya mengapa huruf B ya yang ia bawa…ternyata sang guru hebat itu memberikannya dengan lagu yang cukup unik. yah lagu aku punya baju baru hadiah dari ibu …………itulah lagu yang ia nyanyikan dan huruf kesukaannya. Tanpa aku sadari ia sudah menguasai beberapa huruf dengan lancar, yang kemudian ia rangkaikan dalam kata- kata terbuka. Mulai dari Ba pa, Bi bi dan masih banyak lagi ia rangkai.

Perjalannanyapun semakin seru…kini ia memasuki akhir tahun di TK A, subhanallah ia mulai merangkai kalaimat-kalimat kecil dengan lantang ia membaca. Yang akhirnya akupun harus menyediakan waktuku untuk memenuhi permintaannya untuk membaca cerita sebelum tidur. Bahkan tak cukup 1 buku cerita. Alhamdulillah ya Allah engaku karuniakan pada Kami seorang anak yang cerdas, semoga juga menjadi anak julia. Semua itu terjadi karena kesabaran sang guru TKnya yang begitu gigih membantu ia mengenal huruf kebangaannya. Hari ini adalah hari yang indah melihatnya dengan penuh riang tanpa berkata “ade ingin sekolah ditemani mama” yah dia sudah menemukan kemandirian dan kenyamanan untuk belajar.

Tips agar anak cepat membaca dan menulis:

1. Memberikan apa yang dia sukai, misalnya dia suka bola, mulai dari kata bola.

2. Selalu mempunyai waktu luang untuk mendampinginya, karena jika hanya

     disekolah tidak cukup untuk mengulang bacaannya.

3. Membuatkan kartu- kartu kata

4. Memilih metode dengan permainan.

5. Ajak di tempat yang indah, misal di taman atau halaman rumah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s